disuduthari header

3 Parameter Sukses Menata Template Blog Impian !!

8 komentar
Menata Template Blog Impian

Seberapa sukses kita menata template blog impian? Buat menjawabnya butuh parameter nggak, ya, kira-kira? Kalau butuh, aku mau bisikkin parameter sukses menata template blog impian itu. 

Okay, hai, hai, hai, Pemirsa @disuduthari ! Jiwa dan raga aman? Sejalan? Baru saja kudapati list parameter atau ukuran kesuksesan sebuah blog ditata.
Bukan sekadar blog amatir, tapi blog impian yang jelas menyihir.

Ya, menyihir siapapun yang datang ke rumah maya itu. Tampilan, yang tak hanya eye catching tapi juga penuh filosofi. Tampilan, yang tak hanya bernilai seni, tapi membuat siapapun yang berdiam di sana turut tersenyum asri.

Btw, kusarikan 3 poin parameter dari materi ke dua ODOP Blogger Squad, yang logonya baru saja aku tautkan di bawah, (cek aja kalau nggak percaya, asli, masih puyeng soal kode-kode yang berkeliaraaaan). 
Harapku, kita bisa lulus OBS 2024 dan setelah lulus jadi alumni yang mengharumkan komunitas, bukan hilang tanpa bekas (eh). 

Silakan~


Cek 3 Parameter Sukses Menata Template Blog Impian

1. Bikin Rancangan Blog Impianmu

Nah, hayooo, sudah rumpang (eh) sudah rampung, kan, rancangan blog impianmu? Apa? Apa? Belum tuntas? Bingung mulai dari mana?

Hm, gimana kalau kita mulai dari identitasnya dulu, informasi dasar sebuah blog, yang di antaranya :

a. Judul Blog

Kushare sedikit soal blog @disuduthari. Sebelumnya judul blog ini adalah
#diksidisuduthari,
kupilih ubah dengan
@disuduthari || #diksidisuduthari || Ruang Ekspresi
Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena saat kubuka SEO check di mobile, sungguh aku terperanjat dengan keterangan ini :

SEO check

Pemirsa, angka keramahannya di mata mesin pencari Google kurang dari 80. Setelah diubah judul blogku, jadi berapa ya angkanya? Kushare di poin c parameter nomor 2.

Ngomong-ngomong, bukan tanpa alasan kupakai judul barusan, sebab karena terlanjur pakai satu kata di domainnya, kububuhkan satu kata lagi untuk membuat value yang mau kuangkat lebih terpampang nyata, hehe.

b. Tagline

"karena tiap rasa berhak ada, tiap orang berhak bahagia" - @disuduthari
Entah mengapa diri ini begitu jatuh pada kalimat di atas. Tubuhku seakan didekap. Telingaku seakan dibisikkan kata-kata romansa dari kekasih. Ah, sahabat pun demikian.

c. Meta Deskripsi

@disuduthari atau #diksidisuduthari ialah ruang ekspresi. Kamu dapat menemukan sajak dan puisi, senandika dan surat cinta, isu pengembangan diri dan psikologi, media dan literasi, juga hal lainnya yang ada di dunia seorang dewasa muda. Siap menyelam bersama? Mari! Salam berseri, @disuduthari
Cukup panjang, tapi bagaimana lagi? Blog ini masih campur aduk, Pemirsa! Walau begitu,
moga-moga blog ini dapat terus eksis bukan hanya sebagai nama, tapi juga ruang bereskpresi dan bercengkerama yang aman dari bahaya.

d. Logo

Logo blog disuduthari @disuduthari

Simple, tapi masih bisa dikembangkan lagi ke depannya. Sebenarnya logonya mengikuti warna template, untuk saat ini.


e. Desain Header

Desain Header Buatan Sendiri @disuduthari blog

Kalau dulu aku bilangnya header / banner template blog itu bak nyawa, kalau sekarang aku mau bilang, ia kesan pertama saja.
Ya, kesan pertama! Penampilan luar yang kalau okay, ya, stay, kalau semrawut, ya, cabut.
Tergantung preferensi mereka yang mendatangi blogmu. Bisa sih, disebut nyawa suatu blog, cuman harus benar-benar dipikirkan kesesuaian first impression dengan konten yang dibuat.

f. Label

Label atau kategori serupa wadah dengan bahan khusus dalam pembuatannya. Keresahan apa yang tumpah, bisa di antar ke tempat yang tepat.
Tempat di mana merubah sampah emosi dan pikiran, menjadi barang baru yang fungsional. Kadang-kadang bernilai seni tinggi hingga di pajang di galeri.
Bisa juga menjadi etalase kata di rumah maya. Siapapun yang datang, bebas mengambil santapan apa.

Inilah 13 label dalam blog @disuduthari

• Sajak&Puisi

• Senandika♡

• Media&Literasi

• Spirit&Psikologi

• SpecialLetter

• GreatRelationship

• Santapan&Destinasi

• Buku-Film-Lagu

• Sosok&Quotes

• Fit&Fresh

• PutaranAngka

• BuahHati

• CatatanNgaji (Coming Soon)


Adapun dari dulu yang aku pengen ubah itu tampilan yang seperti SS ini!

Edit label di blog jadi rapi


g. Domain

Sebagaimana yang kamu lihat, domain di blog ini adalah disuduthari, disuduthari.com

Sebetulnya, kurang bagus menyematkan link yang sama lagi dan lagi, tapi ini beneran serelate itu, bagaimana pengalaman memasang domain yang begitu dramatis buatku. Kamu bisa tengok supaya nggak perlu merasakan yang sama, ya.

h. Templat Impian (Desain & Warna)

Waaaaa, entah sudah berapa kali aku mengubah warna blog ini, kalau untuk desain, sejak awal pakai template pihak ke tiga, aku pakainya Fiksioner dan senyaman itu buat aku pribadi. Sejujurnya, cukup deg-degan sih buat ganti template lagi, karena harus invest waktu dan energi buat utak-atik lagi, nggak, sih?

So, kupilih warna yang kamu lihat saat ini. Bagaimana menurutmu?


Okay, lumayan panjang juga parameter pertama suksesi pemasangan blog, aman sejauh ini? Kalau gitu, poin ke duanya ini!


2. Pastikan Blogmu SEO Friendly

Pengecekkannya bisa via tools ini :

a. META SEO Inspector

Nah, nah, nah, pernah selengkap itu sih aku pakai tools pengecekkan di komputer, tapi untuk saat ini, belum bisa se prepare itu. So, kayanya masih aman untuk poin a, aku skip, ya, kita lanjut ke poin b dan c nya.

b. Seoptimer.com

Fuuuh! Cukup menyesakkan ya, di tools ini. Pasalnya ada nilai F segala, yang F ini nggak bisa berganti hanya dalam satu kali perubahan. Jadi, ya kutelaah singkat dulu apa yang membuat hurufnya parah banget.

Akan tetapi ada yang nilainya A dan B, nilai yang tak hanya patut dipertahankan tapi juga ditingkatkan. Semangaaaat!

Ini dia penampakkannya~

Cek seoptimer.com di hp

Buat optimasi SEO nya, oke ya kalau di sini.


c. App SEO Check (For Mobile)

Seperti yang kujelaskan di atas bangeeet, angka kesesuaian SEO di aplikasi SEO Check, naik setelah melengkapi judul. SURPRISE!!! Hasilnya begini~

Review app seo check

Btw, yang kaget aku aja nih kayanya, hehe, maafkan Pemirsa, kamu boleh juga kok ceritain kejutan apa yang kamu rasa saat check list SEO Check!

Mmm, masih oke juga, ya, di bagian optimasi SEO nya pakai tools ini.


Oh ya, kalau boleh cerita, sebelumnya buat yang kali pertama tata menata blog, perubahan drastis menuju SEO friendly bisa dengan cara :

1). Maksimalin fitur kustomisasi di menu TEMA

Utak-atik bagian dashboard deh, kamu bakalan nemu fitur-fitur unik dan coba aja biar nggak penasaran hehe.


2) Pasang template gratisan

Rekomendasinya Fiksioner versi gratis (untuk pemula yang ngeblog pakai blogspot)
Bisa juga yang berbayar kalau mau nggak pasaran dan dapat fitur-fitur tambahan. Eh bisa pula pakai jasa pasang template seperti yang ditawarkan @blogspedia (bila yang berminat boleh ke sana).

Namun, kami yang lagi belajar ngeblog di OBS 2024 diarahkan buat nyoba pasang sendiri dulu buat sekarang, kalau nanti ya gimana masing-masing pribadi ya, hehe.


3) Permak blog sederhana

Adapun buat kamu yang nggak mau pakai template pihak ke tiga yang super memudahkan, karena mau belajar dari fondasinya banget, silakan manual untuk :

  • Pasang social widget
  • Pasang banner komunitas(Ini bagian yang baru saja aku pasang, setelah melewati momen berdarah-darah! BERSYUKURNYA DIBANTUIN : dcaknoer )Tadaaa!!! Akhirnya muncul juga setelah berkali-kali-kali-kali pecah.
  • Masalah di pemasangan logo komunitas di blog
  • Pasang tombol back to top
  • Pasang menu drop down

Okay parameter sukses menata template blog yang kedua sudah berakhir, kita lanjut, yaaaa.


3. Cek Perasaanmu Before - After Menata Template Blog Impian

Bila poin terakhir yang ditulis kebanyakan orang biasanya inti dan summary yang berat. Di sini aku hanya mau nanya,
"Gimana perasaan kamu setelah selesai editing tampilan blog? Sudah kamu banget belum?"

Hehe, semoga ya, blog impian yang kamu rencanakan terwujud di sini. Walau belum 100% tapi sudah dimulai.

Aku pribadi, merasa blog ini 80% cocok dengan rancangan di kepalaku. Tentu, masih terbuka ruang untuk eksekusi lebih baik ke depannya. 

Kalau blog kamu, sudah berapa persen mewakili dirimu?

Ilustraai OOTD warna bumi muslimah

Oh ya, btw,
hitam, cream, coklat, putih, pokoknya warna-warna dasar, warna-warna bumi, warna-warna hangat ialah warna yang mendominasi isi lemariku. Begitu juga sekarang, isi rumah mayaku, blog disuduthari.com

Baiklah, itu dia catatan yang cukup padat soal 3 parameter sukses menata template blog impian. Dari 3 poin barusan, mana yang paling membuatmu ngos-ngosan? Hehe --- tetap berseri, sampai jumpa @disuduthari ~

R. Maria Ulfah
Perempuan INFJ yang dekat dengan isu pengembangan diri, psikologi, dan hati. Cek aja - hastag #diksidisuduthari

Related Posts

8 komentar

  1. Hai, Gadis Bumi. Warna template-nya menenangkan selaras dengan diksi-diksi indah yang menghiasi blog ini. Aku pun dulu pas pasang template Fiksioner rasanya pengen nangis. He-he. Apalagi pasangnya di ponsel. Sungguh luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, Hallo, Mbaak Monic. Terima kasih atas feedbacknya. Memang ya pengalaman pahit kalau sudah terlewati rasanya lebih manis dibanding yang sudah manis di awal.

      Hapus
  2. Tampilan blog mencerminkan penulisnya. Salah satu kesalahanku waktu baru mulai mgeblog adalah tampilan yang sering digonta ganti dan nggak punya logo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah itu biasa, terbiasa memperbaiki kesalahan, ya, luar biasa~

      Hapus
  3. warnanya estetik kak, khas "cewek bumi" gituušŸ˜… keren skornya sampe 83, btw untuk yang F itu link sama sosial ya kak? Punyaku juga kak, huhu. Judul juga emang seberpengaruh itu sih, skorku juga berubah setelah ganti judul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kan, emang iya. BTW lupakan dulu judul dll. ke depannya isi blog kita mau apa :D

      Btw, makasih, untuk feedbacknya (estetiknya baru disesuaikan kemampuan aja, di otak lebih megah kayanya hehe)

      Hapus
  4. Keren, penjelasannya lengkap banget. Materi kemarin sangat diserap. Cocok nih jadi coach selanjutnya.

    Kalau nanti ada polling menentukan coach OBS saya jadi yang pertama milik kakaknya. Hehe.. šŸ¤­

    BalasHapus
  5. Terima kasih @dcaknoer aku pun melihat bibit-bibit orang yang bakalan bertahan lama di dunia blogging, dari @dcaknoer ~

    Btw, malu ah jadi coach mah, nunggu udah diimplementasikan dulu teorinya, hehe, biar kerasa pengembangan ilmu dan skillnya buat seisi forum tersebut.

    BalasHapus

Posting Komentar