disuduthari header

Cara Memasang Google Search Console & Cerita Eror Blog

8 komentar
Memasang Google Search Console

Menuliskan cara memasang Google Search Console seakan memasang paku yang kuat di dinding ingatan. Aku, disuguhi cara memasang Google Search Console oleh Coach ngeblogku.

Btw, blog @disuduthari sudah pasang GSC di waktu yang lalu, so, ini lebih ke teori jadinya. Teknis yang lagi hangat-hangatnya, silakan lihat di postingan-postingan peserta OBS yang lain, hehe.

Sebelum mulai, pertanyaan-pertanyan dasar membuntutiku dari belakang. Semoga bisa mengantarkan kita lebih tahu soal si dia.
"Karena kepingan informasi yang didapat, disimpan, dan dipasang di tempat yang tepat dan waktu yang tepat akan menghasilkan lanskap utuh dengan keindahan yang sama utuhnya."

Btw, singkatnya GSC itu apa, sih?

GSC (Google Search Console) adalah layanan gratis dari Google untuk membantu pemilik situs memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah eksistensi situsnya di hasil pencarian Google.

Nah, ia punya andil yang cukup besar dalam kelangsungan artikel yang dipublish dan website secara utuh di mata Google Search. Optimasi Google Search dengan SEO On Page, dlsb., menjadi variabel yang legit untuk meramu konten sampai ke konsumen. Ya, pembaca, audience, Pemirsa @disuduthari.

Terus, apa dong bedanya dengan GA4?

Kalau Google Analytics-GA4 di pembahasan kemarin, dia perlu kode JavaScript yang dipasang di browser karena analisa berdasarkan event yang terjadi di website tersebut (internal). Sedangkan, Google Search Console ini data-datanya berasal dari kinerja pengindexan Google (external). - @mzaini30


Oh ya, GSC pun punya 4 fungsi utama. Salah satu yang paling menarik perhatianku ialah kata-kata dari Kak Zein :
GSC ini yang penting ialah memperbaiki eror yang timbul

Betul, eror. Kau tahu? Aku tersentak saat melihat kenyataan bahwa lebih banyak artikelku yang belum terindex di banding yang sudah.

Perbadingannya kutautkan nanti, ya, di bagian akhir sharing kali ini, hehe.

Btw, itu intermeso saja, kita masuk ke cara memasang Google Search Console, ya!
 

CARA MEMASANG GSC VERSI 1.1

  1. Buka google search
  2. Cari "google serach console"
  3. Daftarkan blog di bagian dropdown
  4. Klik tambahkan properti
  5. (Paling penting) klik peta situs dan daftarkan peta situsnya
  6. + Nah nanti ditanyain apakah daftarkan blog pakai Domain atau Awalan URL


Jika punya akses ke hosting, bisa pilih yang daftarkan pakai Domain. Nanti kita diminta untuk pasang kode TXT di settingan DNS

Tapi, yang paling mudah tentu pilih yang Awalan URL. Jadi, nanti diminta pasang script di blog yang gunanya cuma untuk verifikasi
Singkatnya :
✅ Daftarkan blog ke Google Search Console
✅ Masukkan sitemap

CARA MEMASANG GSC VERSI 1.2

  1. Buka dashboard blogspot - setting -search preferences - Google Search Console - klik edit (ikuti intruksi selanjutnya)
  2. Add property - pilih URL
  3. Verifikasi akun GSC (Bila GA dengan akun GSC email yang dipakai sama, maka akan terverifikasi otomatis).
  4. Sambungkan akun GA ke GSC di bagian admin (tambahkan GSC)
  5. Tunggu data terkumpul dan selamat menganalis data!


Itu dia, catatan paling singkat soal cara memasang GSC, kalau mau yang lebih lengkap blogspedia sudah tuliskan di artikelnya soal tetek bengek GSC & inspect URL.

Di bawah, kulucuti pakaian untuk membuktikan betapa apa adanya aku. Maksudnya pakaian blog iiiniii. *fis

Cerita Eror Blog @disuduthari

Sejujurnya, aku belum terlalu lihai dalam teknis blogging termasuk GSC ini, untuk menyiasati itu, kurasa menyimpan link masuk ke akun GSC adalah yang terbaik!

Akses masuk akun GSC


Di dashboard GSC sendiri, aku yang jalannya masih sedikit-sedikit ini, berusaha menerangi beberapa titik gelap di sana. Titik-titik paling gelap dan paling butuh cahaya untuk diterangi dan diperbaiki.

DESCLAIMER :

Buat YNnA (Yang Ngerti-ngerti Aja), boleh banget kasih tahu bagian-bagian itu harus digimanain biar bener-bener clean blog ini luar & dalam, hehe.

Kasus eror pada blog

Artikel tidak terindex

Penyebab eror blog


Pemirsa! Tadinya kikira erornya bakalan banyak banget yang bisa ku SS, ternyata hanya ini. Selebihnya masih bagus, btw, wajar banget masih bagus kan belum sebanyak Blogger Pro postingannya.

Oh ya, cara membenahi eror yang di atas sejauh ini gimana?

Sejauh ini, yang kutahu dari jawaban dari banyak narasumber di WAG OBS, ya diindex manual aja. Pergunakan fitur inspect URL di bagian paling atas dengan memasukkan URL postingan kita di sana.

Di mana itu?

Di siiiniiiii

inspect URL

Hm, kalau sudah begini, kututup sebagian buku dulu deh, lanjut posting artikel baru, biar artikel yang dulu-dulu diperbaiki lagi sambil jalan. Dari kerangka tulisan, jumlah kata, hingga inspect URL jadi PR, deh.

Walau ya, pernah juga Coach Marita mengenalkan Google News sebuah layanan google yang memudahkan Blogger untuk terindex otomatis artikel terbarunya, tanpa harus inspect URL.

Tapi, tapi, harus pasang dengan benar, dong. Apalagi kalau sudah pasang ada perubahan, so, harus direvisi juga data yang dipakai saat pemasangan awal.

Itulah yang terjadi dengan blog ini. Blog kamu sudah sampai mana, nih, jalannya? Semoga krikil yang kecil dan tajam ini bisa terlewati, yaaaa.

Btw, berhubung aku mulai pengap empat mata dengan GSC. Kayaknya udah dulu cari tahu soal dia, kalau kamu mau lanjut ngedate ya nggak apa-apa.

Hehe, kupilih istirahat dulu, sekian sharing kali ini soal cara memasang Google Search Console dan cerita eror blog @disuduthari. Tetap berseri, sampai jumpa @disuduthari ~


R. Maria Ulfah
Perempuan INFJ yang dekat dengan isu pengembangan diri, psikologi, dan hati. Cek aja - hastag #diksidisuduthari

Related Posts

8 komentar

  1. Punyaku juga masih lebih banyak yang belum terindeksnya, daripada yang sudah terindeks. Memang PR banget, tetapi setidaknya dengan memasang GSC, kita jadi tahu bagian mana yang mesti diperbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul banget catatan merah harus dikumpulin dulu sebelum diganti tintanya hehe

      Hapus
  2. Masalah p index ini nih yang agak mengesalkan hahaa. Aku punya enam ratusan artikel yang belum terindeks. PR banget nih index satu satu dan lebih prefer setelah tayang langsung request index ke GSC

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2× lipat, ya, Mbaaak. PR pisan memang~

      Btw, izin ngikutin Kak Annisa, ya, super inspiratif ngeblognya sudah konsisten ^^

      Hapus
  3. Aku pun banyak yang belum terindeks Kak.. Pelan-pelan dibenahi, semangaaat

    Vita mamanesia.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uuuuu banyak yang sama ternyata, masalahnya. Siap, Semangat! Btw, blog Mbak proper sekali~

      Hapus
  4. Aku yang masih awam ini nggak tau cara indeks secara manual gimana, baru paham setelah baca tulisannya Kak Ulfah ini. Makasih lho kak, akhirnya ketemu dimana errornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, iya Kak Laila buat yang awal ngeblog hal teknis yang menurut yang lain gampang, perlu ekstra diulik yaaa. Semangat belajar bareng!

      Hapus

Posting Komentar