disuduthari header

Sharing Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Banyak

Posting Komentar
sharing ibu soal makanan untuk ibu menyusui supaya asi melimpah
Kebingungan sering menyambar ibu baru soal makanan untuk ibu menyusui agar ASI banyak. Tak jarang, cari-cari sendiri jadi alternatif, di tengah hiruk-pikuk rekomendasi dari sana-sini.

Merasa pernah di titik itu, aku mau sharing pengalaman aja kali ini. Ya, soal makanan yang kukonsumsi saat awal menyusui.

Alhamdulillah, masa menyusui anak pertamaku tak banyak drama. ASI lancar dan deras, bahkan seringkali rembes.

3 Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Banyak - Spill Makanan Ultra-Proses

sayur hijau grafis

1. Sayur Katuk & Sayur Bayam

Kau tahu? Dua sayur ini silih berganti menemani makanku di masa nifas. Aku sebelum hamil memang sudah menyukai menu ini, jadi pikirku senang saja menjalankan makanan sehat yang satu ini.

Eh tapi, setelah di jalankan untuk dimakan tanpa henti, di masa akhir nifas aku tiba-tiba rindu makanan pedas. Rasanya lidahku ciut dengan rutinitas ini.

Namun, kata Mamih, mamah mertuaku makanan ini sudah turun temurun disantap tiap habis lahiran. Supaya fit, supaya ASI melimpah.

Udah kaya Ci Olivnya bang Densu ya, dia mah makannya khas Cina, Cia Pao, sup rempah-rempah tradisional Tiongkok.

Kandungan Sayur Katuk & Sayur Bayam

Dilansir dari situs Kementrian Kesehatan dan alodokter, dua sayur barusan mengandung :

  • Mineral dan vitamin
  • Serat, seperti zat besi, mangan, kalium, protein, purin, falvanoid, beta karoten, asam lemak omega 3,
  • Senyawa fitosterol yang dapat merangsang dan melancarkan produksi ASI
  • Steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin atau hormon pelancar ASI


Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Sayur Bayam

Saat itu, aku terkejut melihat mangkuk berisi sayur bayam yang tanpa sengaja kutinggal, telah berubah warnanya.

Sayur itu, airnya dari yang jernih menjadi berangsung-angsur hitam. Aku tentu maju mundur mau menghabiskannya, setelah memberanikan diri mencoba ternyata rasanya berbeda.

Ya, dikutip dari Alodokter :
Menurut beberapa ahli, bayam yang sudah diolah sebaiknya tidak dilakukan pemanasan ulang, dan sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 5-7 jam.
Bila hal itu tidak dilakukan, maka terjadi perubahan sifat, meningkatnya kandungan bahan toksin, dan adanya pertumbuhan bakteri.
 

nasi hangat plus tempe dan tahu goreng dengan taburan goreng bawang

2. Makanan yang Masih Hangat

Lauk apapun yang diletakkan di atas nasi hangat, rasanya berkali-kali nikmat. Apalagi, makanan tersaji di saat perut sedang lapar-laparnya.
"Cara makan enak gimana? Jawabannya lucu, ya gampang idamuhu alju," Gus Baha menjelaskan, 'idam' itu lauk. "Kalau kamu ingin makan lauknya paling enak apa? Alju kamu harus lapar banget," jelasnya.
Adapula begini, kata beliau :
Kalau kita lapar, keinginan kita itu makan enak atau asal makan? Tentu jawabannya asal makan yang sehat. Tapi kalau kita nurutin nafsu, makannya yang enak terus di warung favorit, ini kan satu kebodohan," - Gus Baha

Bagiku, makanan yang masih hangat ini ngaruh banget di produksi ASI. Nggak harus nasinya yang hangat, tapi boleh dari sayurnya atau lauk tambahannya.

Aku pakai lauk tambahannya tempe atau tahu. Makanan ini sederhana, bisa diolah hanya digoreng, setelah diangkat taburi garam di atasnya.

Beuuuuh, nikmat pisssaan dimakannya!

3. Camilan Malam

Semua ibu, semua orang tua yang punya anak bayi tentu paham soal ini. Soal bangun tengah malam, nemenin anak dengan rasa laparnya, sesekali saat jeda bolehlah nyemil dulu.

Nah, camilan di sini, disesuaikan dengan kesukaan ibu, ya. Aku lagi senang makan keripik singkong buatan sendiri kala itu.

Mmmm, bersyukur sekali tinggal di lingkungan yang mengutamakan makanan-makanan tanpa ultra-olahan/ultra-proses. Karena, aku semakin ke sini semakin sadar dengan makanan serba-serbi yang enak, nagih, tapi jarang mengenyangkan.

 
makanan dan minuman kemasan
Kalau ditelaah, kandungannya banyak dari gula, tepung, dan bahan tambahan yang dirasa tak perlu ada dalam makanan karena menghilangkan kandungan gizi dari makanan aslinya.

Suatu statement mencengangkan pernah kutangkap baru-baru ini, yang isinya sama dengan yang disampaikan dalam youtube Narasi Newsroom :
"Kita perlu mendesak pemerintah untuk mengatur pemasaran makanan ultra-proses. Karena merugikan kesehatan rakyat dan efek samping pencemaran lingkungan sangat banyak" - Nia Amar, Ketua Umum Asosiasi Ibu Munyusui Indonesia (AIMI)

Itu dia makanan sederhana yang sejauh ini mendampingiku di masa awal menyusui. Kalau untuk porsinya, bisa disesuaikan kebutuhan masing-masing, walau secara umum porsi makan dan minum ibu menyusui untuk kebutuhan sehari ada dalam gambar di bawah.

porsi makan ibu menyusui dalam buku KIA
porsi makan ibu menyusui yang baik
berapa banyak gula garam minyak yang boleh dimakan ibu menyusui
*Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)

Menutup sharing kita soal makanan yang oke dimakan busui buat pelancar ASI. Tentu saja, sebagai ekspresi cinta pada buah hati.

Berikut doa dari guru di pesantren untuk para santrinya dan masyarakat luas, dalam buku yang menjadi tanda terima kasih di pernikahan cucunya.

Tanda Terima Kasih Unik, Berkesan, dan Syarat Beramal

doa anak sholih

1. Do'a Supaya Anak Sholeh dan Sholehah

اللهم اجعل اولادنا اولادا صالخين و الصالحات حافظين للقران والسنة فقهاء فى الدين مباركا حياتهم فى الدنيا والاخرة ×٣

Catatan : Bacalah doa tersebut tiap selesai sholat lima waktu Insya Allah anak-anak kita akan sholeh dan sholehah.

2. Wafak Anak Supaya Tidak Nangis/Rewel

Caranya : Tuliskan ayat-ayat di bawah ini pada kertas kemudian dikalungkan pada bayi yang rewel sambil membaca ayat kursi 7× (Insya Allah sembuh) ini ayat yang ditulisnya:

بسم الله الرحمن الرحيم هذا يوم لا ينطقون بسم الله الرحمن الرحيم وخشعت الاصوات للرحمن فلا تسمع الا همشا بسم الله الرحمن الرحيم اليوم نختم على افواههم


3. Do'a Supaya Anak Tidak Nakal

بسم الله الرحمن الرحيم يا ايها الدين امنوااصبروا وصابروا ورابطوا والتقوا الله لعلكم تفلحون وانه من سليمان وانه بسم الله الرحمن الرحيم الا تعلو علي
وأتونى مسلمين ×٢١ بدوح ×١٠٠ خطوفة ×٧ خطفت قلب ولدى.........لأمر ومرادى ومطيعالما اردته ×٧
(Insya Allah soleh, jadi penurut)

Alhamdulillah, sharing makanan untuk ibu menyusui agar ASI banyak diakhiri dengan doa barusan. Mari, kita minimalisir memakan makanan ultra-olahan! Salam berseri, sampai jumpa disuduthari~

R. Maria Ulfah
Perempuan INFJ yang lekat dengan literasi, pengembangan diri, & hati. Tengok saja #diksidisuduthari on Instagram! :D

Related Posts

Posting Komentar